Indonesia Miliki Kebun Raya Baru di Balikpapan

BERITA | 08 April 2015 | Muhammad Djohari

Setelah sembilan tahun dibangun, kebun raya baru yang berada di Jl. Soekarno-Hatta Km 15, Kelurahan Karang Joang, Kecamatan Balikpapan Utara, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur akhirnya diresmikan penggunaannya. Kebun raya baru yang bernama Kebun Raya Balikpapan ini menetapkan “Konservasi Tumbuhan Kayu Indonesia” sebagai tema utama koleksinya. Kebun raya yang diresmikan pada 20 Agustus 2014 tersebut berupaya memberikan manfaat kepada masyarakat sebagai kawasan konservasi tumbuhan, tapak penelitian, dan pendidikan lingkungan.

Balikpapan, 20 Agustus 2014. Sebagai kebun raya anyar, Kebun Raya (KR) Balikpapan memiliki koleksi tumbuhan yang relatif banyak, yakni terdiri dari 41 suku, 106 marga, 118 jenis dan 1.850 spesimen yang ditanam dalam 12 vak koleksi. KR Balikpapan juga memiliki koleksi anggrek yang terbagi ke dalam 48 marga, 84 jenis dan 1.195 spesimen. Disamping itu, kebun raya ini mempunyai pula koleksi tumbuhan obat yang terdiri atas 36 suku, 81 marga, 91 jenis dan 176 spesimen. Koleksi tumbuhan hias terdiri atas 26 suku, 53 marga, 59 jenis dan 4.706 spesimen.

Kepala Pusat Konservasi Tumbuhan (PKT) Kebun Raya Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Dr. Didik Widyatmoko menjelaskan, keberadaan KR Balikpapan telah dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar dan secara luas untuk kawasan konservasi tumbuhan, tapak penelitian dan pendidikan lingkungan. “KR Balikpapan pertama kali dicanangkan pada 1 Desember 2005 oleh Walikota Balikpapan saat itu H Imdaad Hamid,” tambahnya.

Didik memaparkan, lokasi KR Balikpapan berjarak kurang lebih 20 km dari Kota Balikpapan. Kebun raya tersebut menempati areal seluas ± 309,8 ha, berada dalam areal kawasan Hutan Lindung Sungai Wain (HLSW) yang peruntukannya telah dialihfungsikan sebagai Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KDTK) melalui Surat Keputusan Menteri Kehutanan Nomor 68/Menhut-II/2009.

Dikatakannya, beberapa fasilitas pengunjung telah dibangun di KR Balikpapan tersebut, seperti gedung pusat informasi, wisma tamu, mushola, sumber air, tempat penampungan air (embung), pengolahan kompos, pembibitan, jalan lingkungan, areal parkir, gerbang & ticket box. “Beberapa taman tematik juga ikut mempercantik KR Balikpapan, di antaranya yaitu Taman Meranti, Taman Ulin, Taman Belian, Taman Pelawan, Taman Bintawa dan Taman Kenanga,” tuturnya.

Sebagai informasi, peresmian Kebun Raya Balikpapan sendiri dilakukan oleh Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan dan Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto dengan didampingi oleh Kepala LIPI Prof. Dr. Lukman Hakim dan Gubernur Kalimantan Timur Awang Faroek Ishak. Peresmian itu dihadiri pula oleh Walikota Balikpapan, Rizal Effendi dan Ketua DPRD Balikpapan, Andi Burhanuddin Solong.