Adanya unsur pulau, sungai, danau dan daratan; ditambah dengan fenomena alam berupa pasang surut yang ekstrim, merupakan keunikan tersendiri bagi Danau Lait sebagai salah satu destinasi wisata alam di Indonesia. Keberadaan lima pulau di tengah danau. Dikelilingi dengan Gunung Lait dan Gunung Tiong Kandang menjadi penambah daya tarik lain bagi pengunjung yang gemar memancing dan berkemah.

Lokasi calon Kebun Raya Danau Lait, yang terletak di Desa Subah, Kecamatan Tayan Hilir, Kabupaten Sanggau, Provinsi Kalimantan Barat, yang menempati lahan seluas 328 ha ini nantinya akan menjadi sebuah kebun raya di sekitar kawasan danau yang mengkonservasi keanekaragaman tumbuhan dari kawasan equator. Melalui tema koleksi tumbuhan kawasan equator, keberadaannya nanti diharapkan secara otomatis dapat menjadikannya sebagai kawasan konservasi air, mengingat Danau Lait yang merupakan sumber air penting bagi masyarakat hilir, termasuk masyarakat Kota Pontianak saat ini tengah terancam akibat maraknya pencemaran air danau terutama dari limbah bahan beracun dan berbahaya (B3).

Kewenangan

Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat

Masterplan

2008

MoU

-

AMDAL

-

Koordinat Lokasi

109o 55’ 27.5” BT dan 0o 00’ 55.2” LS

Kelembagaan

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Provinsi Kalimantan Barat

Luas

328 ha

Tema Koleksi

Tumbuhan Kawasan Equator

Taman Tematik

-

Alamat

Jl. Ahmad Yani (Komplek Kantor Gubernur Kalimantan Barat)Pontianak 78124

Kontak

(0561) 731217

-

img

Pengkayaan tanaman koleksi di Kebun Raya Danau Lait diperoleh melalui kegiatan eksplorasi tumbuhan maupun perbanyakan tanaman. Pendataan dan peregistrasian dilakukan pada koleksi yang sudah ditanam di kebun maupun bibit-bibit yang masih ada di persemaian.

Dengan demikian seluruh koleksinya baik yang ada ada di pembibitan maupun yang sudah ditanam di kebun sudah terekam dalam sistem protokol dan mekanisme kerja registrasi, antara lain memiliki nomor kolektor, nomor akses atau nomor koleksi kebun, serta diketahui asal-usulnya. Koleksi yang sudah ditanam di kebun dikelompokkan dalam vak-vak tematik yang sudah terdokumentasikan dalam database koleksi.

Pembibitan

-

Kebun

-

Database Koleksi

-

Katalog Koleksi

-