Boyolali merupakan sebuah kabupaten yang berkomitmen penuh dalam mengembangkan dan menyelamatkan lingkungan, berbagai program telah dicanangkan pada tahun 2015 sebagai wujud dari visi misi bupati yaitu salah satunya pembangunan Kebun Raya Indrokilo Boyolali, kebun raya ini  diharapkan sebagai tempat konservasi, pendidikan dan rekreasi bagi warga Kabupaten Boyolali khususnya dan masyarakat luas pada umumnya. Kebun Raya Indrokilo Boyolali diharapkan sebagai tempat penyelamatan tumbuh-tumbuhan yang mulai terancam keberadaanya akibat degradasi habitat.

Kebun Raya Indrokili berlokasi di Kelurahan Kemiri, Kecamatan Mojosongo, Kabupaten Boyolali yang dapat ditempuh sekitar 5 menit dari pusat pemerintahan Kabupaten Boyolali. Kebun Raya Indrokilo Boyolali memiliki luas yaitu 8,9 hektar yang sebelumnya merupakan tegalan milik kas desa. Terdapat situs budaya yang berdekatan dengan kebun Raya Indrokilo yaitu pemakaman Indrokilo. Kebun Raya Indrokilo Boyolali memiliki tema “Tumbuhan Hutan Hujan Dataran Rendah Jawa Bagian Timur”.


Tipikal kawasan Kebun Raya Indrokilo memiliki tanah jenis latosol yang sebenarnya kurang baik dalam menyimpan air, oleh karena itu dalam keberadaanya Kebun Raya Indrokilo kedepanya dapat memberikan manfaat fungsi kebun raya sebagai jasa lingkungan dalam konservasi air maupun penghasilan oksigen.

Kewenangan

Pemerintah Kabupaten Boyolali

Masterplan

2015

MoU

2013, diperpanjang 2017

AMDAL

2015

Koordinat Lokasi

7o33’34.81’’ LS dan 110o37’41.61’’ BT

Kelembagaan

UPTD Kebun Raya Indrokilo, Dinas Lingkungan Hidup, Kabupaten Boyolali

Luas

8 ha

Tema Koleksi

Tumbuhan Hutan Hujan Dataran Rendah Jawa Bagian Timur

Taman Tematik

Taman Tematik Tumbuhan Paku-pakuan, Taman Labirin (dalam proses)

Alamat

Gunungsari RT 00/ RW 00, Kelurahan Kemiri, Kecamatan Mojosongo, Kabupaten Boyolali.

Kontak

(0276) 321013, 320031

Kebun Raya Indrokilo Boyolali (KRIB) terletak di Desa Gunungsari, Kecamatan Mojosongo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Lokasi KRIB dekat dengan pusat pemerintahan Kab. Boyolali dan dapat ditempuh kurang lebih 5 menit. KRIB terletak dekat dengan akses jalan Boyolali – Klaten Jatinom sehingga sangat mudah untuk menuju ke kebun Raya Indrokilo Boyolali

img

Pengkayaan koleksi tumbuhan di Kebun Raya Indrikilo Boyolali diperoleh melalui kegiatan eksplorasi tumbuhan maupun perbanyakan tanaman. Pendataan dan peregistrasian dilakukan pada koleksi yang sudah ditanam di kebun maupun bibit-bibit yang masih ada di persemaian.

Seluruh koleksi yang ada di pembibitan sudah terekam dalam sistem protokol dan mekanisme kerja registrasi, antara lain memiliki nomor kolektor, nomor akses atau nomor koleksi kebun, serta diketahui asal-usulnya. Koleksi yang sudah ditanam di kebun dikelompokkan dalam vak-vak tematik yang sudah terdokumentasikan dalam database koleksi.

Pembibitan

492 jenis (2.081 spesimen)

Kebun

90 jenis (458 spesimen)

Database Koleksi

-

Katalog Koleksi

Draft Buku Katalog Kebun Raya Indrokilo Boyolali