Kampus Institut Teknologi Sumatera (ITERA) di Desa Way Hui, Kec. Jati Agung, Kab. Lampung Selatan Provinsi Lampung yang berdiri pada tahun 2014 berdasarkan Peraturan Presiden RI No. 124 tahun 2014 berada pada hamparan lahan seluas 285 ha. Sesuai Masterplan Kampus ITERA, direncanakan 60% dari lahan yang tersedia diperuntukkan sebagai Ruang Terbuka Hijau. Keinginan pihak pengelola mengintegrasikan aktivitas kampus dengan konservasi lingkungan sebagai satu kesatuan ekosistem dalam bentuk kebun raya patut didukung. Hasil kajian Tim Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya – LIPI juga menyimpulkan bahwa lokasi tapak layak dijadikan sebagai kebun raya. Kehadiran Kebun Raya ITERA akan memperkaya jumlah kebun raya di Sumatera menjadi tujuh kebun raya. Enam kebun raya lainnya adalah KR Samosir di Provinsi Sumatera Utara, KR Solok di Provinsi Sumatera Barat, KR Batam di Provinsi Kepulauan Riau, KR Bukit Sari di Provinsi Jambi, KR Sriwijaya di Provinsi Sumatera Selatan dan KR Liwa di Provinsi Lampung. Kehadiran KR ITERA juga menjadikan Provinsi Lampung sebagai yang pertaman di Sumatera yang memiliki dua kebun raya. Sesuai Peraturan Presiden Nomor 93 Tahun 2011 tentang Kebun Raya, maka untuk mewujudkan pembangunan Kebun Raya ITERA, perlu disusun rencana induk atau masterplan sebagai acuan pembangunan kebun raya agar sesuai dengan tujuan yang diharapkan.

 

Kewenangan

Institut Teknologi Sumatera

Masterplan

2017

MoU

2016

AMDAL

-

Koordinat Lokasi

50 21’ 1.3” LS dan 1050 18’ 52.076” BT

Kelembagaan

-

Luas Lahan

75.52 ha

Tema Koleksi

Hutan Hujan Pamah Sumatera

Taman Tematik

-

Alamat

Jalan Terusan Ryacudu, Way Hui, Jati Agung, Way Huwi, Jati Agung, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung 35365

Kontak

-

img

 Setiap kebun raya memiliki tema tertentu sesuai dengan karakteristik lingkungan, kondisi tanah, iklim, tumbuhan lokal yang dominan dan sosial budaya masyarakat. Berdasarkan kondisi faktual di lapangan, peta ekoregion Indonesia dan latar belakang didirikannya ITERA, maka tema koleksi tumbuhan yang diusulkan adalah konservasi tumbuhan pamah Sumatera.  

Konservasi tumbuhan pamah Sumatera diharapkan menjadi keunggulan komparatif Kebun Raya ITERA. Penetapan tema ini dimaksudkan untuk mengembalikan kembali berbagai macam jenis tumbuhan yang dulunya pernah hidup di seluruh wilayah pamah Sumatera. Selain itu, berbagai macam jenis tumbuhan yang dimanfaatkan oleh masyarakat Sumatera sebagai tumbuhan obat, tumbuhan buah lokal dan tumbuhan yang dimanfaatkan untuk upacara adat tertentu akan ditampilkan dalam bentuk taman-taman tematik.

Pembibitan

-

Kebun

-

Database koleksi

-

Katalog Koleksi

-