Berada di Pulau Dewata, Kebun Raya Jagatnatha Jembrana merupakan salah satu destinasi wisata unik yang memadukan fungsi konservasi tumbuhan, pendidikan, penelitian botani dan rekreasi. Kebun raya ini memiliki luasan 5,8 hektar yang berlokasi di jalur utama jalan raya penghubung Gilimanuk-Denpasar kelurahan Dauhwaru, Kecamatan Jembrana, Kabupaten Jembrana, Propinsi Bali. Berbeda dengan kebun raya lainnya, koleksi tumbuhan di Kebun Raya Jagatnatha Jembrana mengambil konsep tematik dengan prioritas tumbuhan upakara (tumbuhan untuk upacara adat umat Hindu) dan Usada (tumbuhan obat tradisional Bali). Tema tersebut sesuai dengan pola masyarakat Hindu Jembrana yang dinilai sangat religius dan terikat untuk melakukan berbagai pemujaan melalui upacara yang menggunakan berbagai jenis tumbuhan sebagai persembahan.

 

Pengunjung Kebun Raya Jagatnatha dapat bersantai menikmati keindahan dan keasrian kebun raya sambil mempelajari manfaat berbagai jenis tumbuhan koleksi untuk kehidupan sehari-hari. Selain itu, pengunjung dapat mengunjungi Pura Agung Jagatnatha yang terdapat di dalam lokasi kebun raya. Tempat peribadatan ini dibangun megah dan luas dengan relief artistik khas Bali. Pada hari tertentu pengunjung juga dapat menonton pementasan seni budaya Jembrana di stadion utama Pura Agung Jagatnatha.

 

Kewenangan

Pemerintah Kabupaten Jembrana

Masterplan

2015

MoU

2015

UPL-UKL

2016

Koordinat Lokasi

8o 21’ 30.46’’ LS, 114o 38’ 18.83’’ BT

Kelembagaan

Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Pertamanan, Kabupaten Jembrana

Tema Koleksi

Konservasi tanaman usada dan upacara adat Bali

Taman Tematik

Taman Usada, Taman Upakara, Taman Kamboja, Taman Anggrek, dan Taman Tumbuhan Air

Alamat

Jln. Sudirman, Kelurahan Dauhwaru, Kecamatan Jembrana, Kabupaten Jembrana, Bali

Kontak

Telepon dan fax (0365) 4545078

Kebun Raya Jagatnatha Jembrana terletak di Kelurahan Dauhwaru, Kecamatan Jembrana, Kabupaten Jembrana, Propinsi Bali. Lokasi Kebun Raya Jagatnatha Jembrana sangat strategis karena terletak di ruas jalan raya utama Denpasar-Gilimanuk, sehingga sering dilewati oleh rombongan pariwisata dari Jawa yang melewati jalur darat. Jarak tempuh untuk mencapai Kebun Raya Jagatnatha dari Denpasar adalah 94,9 km atau sekitar 2 jam 40 menit melalui transportasi darat baik kendaraan umum maupun kendaraan pribadi.

img

Kebun Raya Jagatnatha Jembrana baru diinisiasi pada tahun 2017 sehingga belum ada koleksi tumbuhannya, namun sudah terdapat beberapa jenis tumbuhan eksisting yang tumbuh di lokasi Kebun Raya. Pengkayaan koleksi tumbuhan di Kebun Raya Jagatnatha Jembrana akan dilakukan melalui kegiatan eksplorasi maupun perbanyakan tumbuhan.

Pembibitan

(proses pembangunan rumah pembibitan)

Kebun

84 spesies (781 spesimen)

Database koleksi

-

Katalog koleksi

-