Kalimantan merupakan salah satu pulau di dunia yang memiliki keanekaragaman flora tertinggi, terdiri dari tumbuhan berkayu, tumbuhan perdu, dan banyak tumbuhan endemis serta langka termasuk tumbuhan buah. Berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan beberapa lembaga yang bergerak dalam konservasi, Pulau Kalimantan dan Pulau Papua kaya akan berbagai tumbuhan kayu hutan tropis basah yang bernilai ekonomi tinggi dan juga kaya akan berbagai jenis buah-buah tropis dan merupakan pulau sumber plasma nutfah tanaman buah asli Indonesia.

Sampai saat ini belum ada kebun raya di Indonesia yang menjadi pusat konservasi ex situ tumbuhan buah-buahan asli indonesia. Dalam konteks konservasi ex situ Indonesia, maka menjadikan Kebun Raya Katingan sebagai Pusat Konservasi buah-buah kalimantan, Indonesia dan tropis umumnya menjadi peluang yang sangat penting dimanfaatkan. Karena sebagian besar buah-buahan merupakan komoditi yang mempunyai nilai ekonomi tinggi.

Kalimatan juga dikenal memiliki banyak tumbuhan obat yang sudah dikenal sejak lama oleh penduduk asli kalimantan, seperti pasak bumi, seluang beleum, akar kuning, tabat barito, dan lain-lain. Hal ini juga menjadi potensi untuk mendukung pengembangan Kebun Raya Katingan

 

Kewenangan

Pemerintah Kabupaten Katingan

Masterplan

2006, direview 2016

MoU

2005, diperpanjang 2014

AMDAL

2016

Koordinat Lokasi

01o 53’ 37” LS dan 113o 28’ 05” BT

Kelembagaan

UPTD Kehutanan Bukit Batu, Dinas Lingkungan Hidup
Kabupaten Katingan

Luas

102.47 ha

Tema Koleksi

Tumbuhan Buah Indonesia

Taman Tematik

Taman Tematik Koleksi Tumbuhan Buah dan Taman Bundaran

Alamat

Jl. Tjilik Riwut Km 12, Kasongan, Kalimantan Tengah 74412

Kontak

(0536) 4043585

Kawasan Kebun Raya Katingan terletak 10 km ke arah timur pusat Kota Kasongan lama, tepat pada gerbang timur masuk kota Kasongan, sedangkan dari kota-kota terdekat berjarak:

Dari Kota Palangka Raya berjarak 75 km ke arah barat

Dari kota Sampit berjarak 140 km ke arah utara

Kawasan perencanaan dapat dengan mudah dicapai dari kota-kota tersebut karena telah dihubungkan dengan jalan nasional dengan kondisi yang baik. Untuk mencapai lokasi selain menggunakan kendaraan pribadi juga tersedia angkutan umum.


img

Pengkayaan tanaman koleksi di Kebun Raya Katingan diperoleh melalui kegiatan eksplorasi tumbuhan maupun perbanyakan tanaman. Pendataan dan peregistrasian dilakukan pada bibit-bibit yang masih ada di pembibitan dan koleksi yang sudah ditanam di kebun.

Dengan demikian seluruh koleksi sudah terekam dalam sistem protokol dan mekanisme kerja registrasi, antara lain memiliki nomor kolektor, nomor akses atau nomor koleksi kebun, serta diketahui asal-usulnya. Koleksi yang sudah ditanam di kebun dikelompokkan dalam vak-vak tematik yang sudah terdokumentasikan dalam database koleksi.

Pembibitan

102 jenis (1.711 spesimen)

Kebun

205 jenis (772 spesimen)

Database Koleksi

2.483 spesimen

Katalog Koleksi

2013, direvisi 2016