Kebun Raya sebagai kawasan konservasi tumbuhan ex situ memiliki fungsi yaitu konservasi, penelitian, pendidikan, wisata dan jasa lingkungan.  Beberapa Kebun Raya yang dikelola oleh LIPI belum mampu mengkonservasi semua tumbuhan yang ada di Indonesia. Sehingga pembangunan Kebun Raya Daerah (KRD) menjadi solusi atas keterbatasan tersebut. Salah satu Kebun Raya Daerah yang berlokasi di kawasan Perkotaan adalah Kebun Raya Kendari. Dengan megusung tema Kawasan Konservasi Tumbuhan Ultra Basic, Kebun Raya Kendari menjadi salah satu dari beberapa Kebun Raya Perkotaan yang diproritaskan pembangunannya oleh Kementerian PUPR.

 

Berlokasi di Desa Nanga-nanga, Kelurahan Anduonohu, Kecamatan Poasia, Kota Kendari, dengan jarak sekitar 30 menit dari pusat Kota. Kebun Raya Kendari dibangun diatas lahan Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK) seluas 96 hektar dan berada di bagian selatan garis Khatulistiwa.

 

Keberadaannya di bekas lahan penambangan pasir dan batu serta penebangan kayu secara ilegal menjadikan Kebun Raya Kendari memiliki fungsi konservasi dan jasa lingkungan yang tinggi. Semenjak berdirinya Kebun Raya Kendari, penambangan serta penebangan secara ilegal menjadi berkurang. Dengan kehadiran Kebun Raya Kendari, kondisi lahan yang berupa batuan Ultra Basic dan rusak akibat kegiatan penambangan dan penebangan ilegal perlahan bisa dipulihkan.

 

Kewenangan

Pemerintah Kota Kendari

Masterplan

2009

MoU

2015

AMDAL/UKL-UPL

2016

Koordinat Lokasi

3o 54’ 30” LS dan 122o 23’ 0” BT

Kelembagaan

UPTD Kebun Raya Kendari, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kota Kendari

Luas

113 ha

Tema Koleksi

Tumbuhan Ultra Basa

Taman Tematik

Taman Pakuli (Taman Tematik Tumbuhan Obat)

Alamat

Jl. Kebun Raya, Desa Nanga-nanga, Kelurahan Anduonohu, Kecamatan Poasia, Kota Kendari

Kontak

-

Kebun Raya Kendari (KRKD) terletak di Desa Nanga-nanga, Kelurahan Anduonohu, Kecamatan Poasia, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara. Lokasi KRKD yang berada di lembah memiliki daya tarik yang tinggi bagi wisatawan. Dengan jarak tempuh sekitar 30 menit (kendaraan pribadi) dari pusat kota, KRKD akan menjadi salah satu destinasi wisata unggulan Kota Kendari khususnya dan Sulawesi Tenggara umumnya. 

img

Pengkayaan tanaman koleksi di Kebun Raya Kendari diperoleh melalui kegiatan eksplorasi tumbuhan secara mandiri maupun perbanyakan tanaman. Pendataan dan peregistrasian dilakukan pada tanaman yang tumbuh alami atau existing maupun bibit-bibit calon koleksi yang masih ada di persemaian.

 

Dengan demikian seluruh tumbuhan calon koleksi Kebun Raya Kendari yang ada di pembibitan sudah memiliki nomor akses serta diketahui asal-usulnya. Koleksi yang akan ditanam di kebun ini akan dikelompokkan dalam vak-vak tematik yang segera disusun dalam waktu dekat.

 

Pembibitan

285 jenis (4.517 spesimen)

Kebun

-

Database Koleksi

4.517 spesimen

Katalog Koleksi

-