Kebun Raya Kuningan merupakan aspirasi seluruh masyarakat Kabupaten Kuningan dan diharapkan menjadi pendukung bagi fungsi Kabupaten Kuningan sebagai daerah penyangga pusat pengembangan wilayah Cirebon, pada lintasan jalan regional yang menghubungkan kota Cirebon dengan wilayah Priangan Timur dan sebagai jalan alternatif jalur tengah yang menghubungkan Bandung-Majalengka dengan Jawa Tengah yang memiliki perhatian tinggi terhadap pemanfaatan sumber daya alam dan lingkungan.

Kebun Raya Kuningan berperan sebagai “site’s window” dari Taman Nasional Gunung Ceremai, wisata alam untuk perlindungan, meminimalisasi dampak negatif degradasi sumber daya alam, pengembangan produk pariwisata yang berorientasi pada nilai edukasi, membentuk peran aktif masyarakat dalam memberikan nilai tambah terhadap pembangunan ekonomi wilayah. Dalam perkembangan selanjutnya area Kebun Raya Kuningan akan dibagi menjadi beberapa sub-zone diantaranya area konservasi untuk tumbuhan lokal, buah-buahan, area konservasi untuk tumbuhan koleksi Indonesia khususnya Jawa, area konservasi untuk tumbuhan koleksi dunia serta taman tematik (taman awi dan taman tumbuhan bebatuan).

 

Kewenangan

Pemerintah Kabupaten Kuningan

Masterplan

2007

MoU

2010, diperpanjang 2015

AMDAL

2012

Koordinat Lokasi

 6o 49’ 1.9” LS dan 108o 24’ 10.37” BT 

Kelembagaan

UPTD Kebun Raya Kuningan, Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Kuningan

Luas

172 ha

Tema Koleksi

Tumbuhan Daerah Berbatu dan Gunung Ciremai

Taman Tematik

Taman Tematik Bebatuan/Rock Garden, Taman Sukulen, Taman Awi “Sieugeug”, Taman Mangga dan Taman Kuning

Alamat

Jl. Perjuangan No.66 Ancaran-Kuningan, Jawa Barat

Kontak

(0232) 872584

 

      Lokasi KR kuningan berada di Desa Padabeunghar, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan. Untuk mengakses KR Kuningan dari Jakarta dapat dicapai via kereta api cepat ke Kota Cirebon Jawa Barat selama 3,5 jam dan langsung ke lokasi sekitar 1 jam dari Palimanan. Lokasi ini berada pada segitiga pusat pertumbuhan kota metropolitan Cirebon, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Majalengka dan Kabupaten/Kota Kuningan itu sendiri.


img

Pengkayaan tanaman koleksi di Kebun Raya Kuningan diperoleh melalui kegiatan eksplorasi tumbuhan maupun perbanyakan tanaman. Pendataan dan peregistrasian dilakukan pada koleksi yang sudah ditanam di kebun maupun bibit-bibit yang masih ada di persemaian.

Dengan demikian seluruh koleksinya baik yang ada ada di pembibitan maupun yang sudah ditanam di kebun sudah terekam dalam sistem protokol dan mekanisme kerja registrasi, antara lain memiliki nomor kolektor, nomor akses atau nomor koleksi kebun, serta diketahui asal-usulnya. Koleksi yang sudah ditanam di kebun dikelompokkan dalam vak-vak tematik yang sudah terdokumentasikan dalam database koleksi.

Pembibitan

219 jenis ( 1.325 spesimen)

Kebun

238 jenis (1.435 spesimen)

Database Koleksi

166 jenis (1.195 spesimen)

Katalog Koleksi

2015