Kebun Raya Liwa terletak di Desa Pekon Kubu Perahu, Kec. Balik Bukit, Liwa - Kabupaten Lampung Barat, memiliki luas lahan 86 ha dengan tema Tanaman Hias Indonesia. Sejak tahun 2007 pengelolaan Kebun Raya Liwa diserahkan kepada Dinas kehutanan sampai dengan 2016. Pada 3 Januari 2017, UPT Pengelola Kebun Raya Liwa diserahkan kepada Badan Litbang Kabupaten Lampung Barat.

Kebun Raya Liwa terletak pada ketinggian 800-900 m dpl dengan tapak bergelombang serta kemiringan lereng cukup terjal. Saat ini Kebun Raya Liwa telah memiliki area koleksi tanaman yang ditanam di Vak I, Vak II, Vak III, dan Vak IV ditambah area baru yaitu Vak V dan Vak VI yang baru saja dibuka. Selain itu Kebun Raya Liwa juga memiliki taman seperti Taman Araceae, Taman Obat Mini, Taman Rumput Bali, dan Taman Hias. Kebun Raya Liwa juga memiliki koleksi Anggrek dan pembibitan yang terdapat didalam Rumah Paranet, serta memiliki fasilitas penunjang berupa kantor UPT

Kewenangan

Pemerintah Kabupaten Lampung Barat

Masterplan

2007, direview 2015

MoU

2012, diperpanjang 2017

AMDAL

2016

Koordinat Lokasi

5o  02’ 17.98” LS dan 104o 04’ 34.27” BT

Kelembagaan

UPTD Kebun Raya Liwa, Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Lampung Barat

Luas

86.7 ha

Tema Koleksi

Tanaman Hias

Taman Tematik

Taman Araceae, Taman Wangi, Taman Indukan Tanaman Hias, Taman Buah, Taman Hias dan Taman Aren

Alamat

Desa Pekon Kubu Perahu, Kec. Balik Bukit, Liwa-Kab. Lampung Barat

Kontak

Email: kebunrayaliwa@yahoo.com

Kebun Raya Liwa terletak di Desa Pekon Kubu Perahu, Kec. Balik Bukit, Liwa - Kab. Lampung Barat. Lokasi Kebun Raya Liwa sangat strategis karena berada jalur Taman Nasional Bukit Barisan Selatan dan masuk pada area perkotaan kabupaten Liwa.

img

Pengkayaan tanaman koleksi di Kebun Raya Liwa diperoleh melalui kegiatan eksplorasi tumbuhan maupun perbanyakan tanaman. Pendataan dan peregistrasian dilakukan pada koleksi yang sudah ditanam di kebun maupun bibit-bibit yang masih ada di persemaian.

Dengan demikian seluruh koleksinya baik yang ada di pembibitan maupun yang sudah ditanam di kebun sudah terekam dalam sistem protokol dan mekanisme kerja registrasi, antara lain memiliki nomor kolektor, nomor akses atau nomor koleksi kebun, serta diketahui asal-usulnya. Koleksi yang sudah ditanam di kebun dikelompokkan dalam vak-vak tematik yang sudah terdokumentasikan dalam database koleksi.

Pembibitan

596 jenis (3.959 spesimen)

Kebun

76 jenis (418 spesimen)

Anggrek

596 jenis (3.959 spesimen)

Katalog Koleksi

-