Jika anda berkunjung ke Pulau Lombok anda akan menuliskan daftar kunjungan ke tempat-tempat wisata yang menarik yang mempunyai karakter berbeda, sebut saja beberapa diantaranya adalah ; Pantai Senggigi, Pulau Gili ( Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air ) yang merupakan objek wisata menarik bagi wisatawan penikmat pantai dengan pasir putih yang khas, yang mana tempat ini menyuguhkan tempat untuk snorkeling, ataupun berselancar. Atau bagi anda pecinta wisata alam, anda pun dapat mencoba berpetualang di alam bebas dengan memasuki kawasan Taman nasional gunung Rinjani yang merupakan gunung vulkanis tertinggi kedua di Indonesia dengan pemandangan alam yang sangat indah. Berbicara wisata alam di Pulau Lombok khususnya, saat ini tengah dibangun sebuah kawasan konservasi tumbuhan ex-situ bernama Kebun Raya Lombok dalam kawasan Hutan Lindung Lemor / Petandakan di Desa Suela, Kecamatan Suela yang berjarak kurang lebih 28 km di sebelah utara Kota Selong Lombok Timur dengan luas sekitar 130 ha.

Lokasi untuk pembangunan Kebun Raya Lombok ini mempunyai pemandangan yang indah dengan latar belakang Gunung Rinjani serta Selat Sumbawa (Selat Alas) di bagian yang lainnya. Arealnya masih berupa hutan sekunder sekitar 89,2 ha dengan vegetasi campuran dan areal yang terbuka (Kopang II) sekitar 42 ha yang saat ini digunakan untuk budidaya beberapa jenis tanaman pertanian oleh beberapa instansi Pemda Kabupaten Lombok Timur. Setiap kebun raya memiliki ciri khusus yang membedakan antara satu dengan kebun raya lain, begitu juga halnya dengan Kebun Raya Lombok, kebun raya ini dikembangkan dengan tema “konservasi tumbuhan Kepulauan Sunda Kecil”. Hal ini mengingat Kebun Raya Lombok merupakan kebun raya pertama (dan saat ini merupakan satu-satunya) yang dibangun di kawasan bioregion Sunda Kecil (Lesser Sunda Islands), dan diharapkan dapat menjadi salah satu pusat keberdayaan warga yang terintegrasi dalam pengembangan kawasan (DAS) melalui kolaborasi multipihak yang sinergis.

Kewenangan

Pemerintah Kabupaten Lombok Timur

Masterplan

2010

Mou

2010, diperpanjang 2015

AMDAL

2010

Koordinat Lokasi

8o 29’ 30.52” LS dan 116o 35’ 4.16” BT

Kelembagaan

 UPTD Kebun Raya Lemor, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan, Kabupaten Lombok Timur

Luas (ha)

130 ha

Tema Koleksi

Tumbuhan Kepulauan Sunda Kecil (Lesser Sunda Islands)

Taman Tematik

Anggrek dan tanaman buah lokal (dalam proses pembuatan yang akan diselesaikan pada bulan September 2017)

Alamat  

 -

Kontak  

-

Kebun Raya Lemor terletak di Dusun Cempaka Desa Suela Kecamatan Suela Kabupaten Lombok Timur. Rute untuk menuju ke Kebun Raya Lemor ini dapat dilalui menggunakan Jalur provinsi dari Mataram menuju Aikmel, Lombok Timur. Sesampainya di Aikmel kemudian mengambil arah Geosite Lemor yang berada di jalur pendakian Taman Nasional Gunung Rinjani. Jarak yang ditempuh dari Mataram menuju Kebun Raya Lemor hanya sekitar 66 km dapat ditempuh dalam waktu 2 jam.


img

Kebun raya Lemor sudah memiliki beragam koleksi tumbuhan yang didapatkan dari hasil eksplorasi dan sumbangan dari PKT Kebun Raya Lipi. Koleksi tumbuhan telah sesuai dengan kaidah registrasi dan dilakukan pemeliharaan rutin setiap bulan. Berdasarkan data terakhir tahun 2016, koleksi tertanam tumbuhan anggrek di kebun Raya Lemor sudah mencapai 450 spesimen, koleksi non anggrek yang tertanam mencapai 1.235 spesimen dan jumlah bibit di pembibitan mencapai 779 bibit.

Pembibitan

189 jenis (876 spesimen)

Kebun

299 jenis (1.773 spesimen)

Database Koleksi

-

Katalog Koleksi

-