Minahasa merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Sulawesi Utara. Mengacu pada keanekaragaman tumbuhan yang tinggi di Sulawesi yang memiliki karakteristik peralihan antara tumbuhan Asia dan Australasia. Tingginya tingkat deforestasi sekitar 173.260 ha per tahun (2000-2005), maka ide pendirian kebun raya sebagai kawasan konservasi ex situ di Kabupaten Minahasa merupakan langkah yang perlu didukung oleh semua pihak. Lokasi perencanaan Kebun Raya Minahasa seluas 186 ha ditetapkan berdasarkan SK Bupati Minahasa No: 204/BM/VIII-2009 tanggal 13 Agustus 2009. Lokasi ini merupakan tanah milik negara yang berada di Desa Makaweimben, Kecamatan Tondano Utara, Kabupaten Minahasa. Konservasi “tumbuhan dataran tinggi Wallacea” merupakan tema yang telah ditetapkan untuk Kebun Raya Minahasa mengingat letak Minahasa yang berada di pangkal “Garis Wallacea” dan lokasi perencanaan yang berada pada ketinggian tempat 900-1.100 m dpl.

Saat ini, Kebun Raya Minahasa secara fisik belum terbangun, namun masih pada tahap persiapan. Konsep rencana zona pemanfaatan telah disusun pada tahun 2009. Diharapkan konsep tersebut menjadi pedoman dalam pembangunan Kebun Raya Minahasa. Dalam perencanaan pembangunan kebun raya telah dibentuk badan yang berperan dalam mewujudkan Kebun Raya Minahasa di bawah koordinasi Dinas Kehutanan dan Dinas Pekerjaan Umum.

Kewenangan

Pemerintah Kabupaten Minahasa

Masterplan

2009

MoU

-

AMDAL

-

Koordinat Lokasi

124o 57’ 18.0” BT dan 1o 19’ 24.1” LS

Kelembagaan

Dinas Lingkungan Hidup, Kabupaten Minahasa

Luas

186 ha

Tema Koleksi

Tumbuhan Dataran Tinggi Wallacea

Taman Tematik

-

Alamat

Jl. Sasaran Tondano No.66 Tondano, Minahasa, Sulawesi Utara.

Kontak

(0431) 323258

-

img

Pengkayaan tanaman koleksi di Kebun Raya Minahasa diperoleh melalui kegiatan eksplorasi tumbuhan maupun perbanyakan tanaman. Pendataan dan peregistrasian dilakukan pada koleksi yang sudah ditanam di kebun maupun bibit-bibit yang masih ada di persemaian.

Dengan demikian seluruh koleksinya baik yang ada ada di pembibitan maupun yang sudah ditanam di kebun sudah terekam dalam sistem protokol dan mekanisme kerja registrasi, antara lain memiliki nomor kolektor, nomor akses atau nomor koleksi kebun, serta diketahui asal-usulnya. Koleksi yang sudah ditanam di kebun dikelompokkan dalam vak-vak tematik yang sudah terdokumentasikan dalam database koleksi.

Pembibitan

-

Kebun

-

Database Koleksi

-

Katalog Koleksi

-