Kebun Raya Pucak terletak di Kabupaten Maros, Provinsi Sulawesi Selatan menjadi prioritas pengembangan Kebun Raya selanjutnya setelah Kebun Raya Massenrempulu Enrekang dan Kebun Raya Jompie Pare-pare dilaunching, maka Kebun Raya Pucak menjadi prioritas.

Pembangunan Kebun Raya Pucak merupakan salah satu bagian dalam Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Mamminasata yang mengaitkan Kota Makassar, Kabupaten Maros, Kabupaten Gowa dan Kabupaten Takalar dalam satu kawasan pengembangan wilayah. Sasaran kawasan mamminasata ini adalah untuk membentuk pusat-pusat pelayanan pada kota-kota utama dan saling bersinergi, sehingga potensi-potensi wilayah tersebut dapat dikembangkan.

Lahan Kebun Raya Pucak dimiliki oleh Pemda Provinsi Sulawesi Selatan yang luasnya mencapai 120 ha. Pada awalnya, kawasan ini merupakan Taman Wisata Pendidikan yang kemudian di alih fungsikan menjadi kebun raya. Tema pengembangan Kebun Raya Pucak adalah “Agro Botanical Garden”, yaitu konservasi tumbuhan bernilai ekonomi. Kebun Raya Pucak diharapkan menjadi pusat penelitian dan pengembangan tumbuh-tumbuhan bernilai ekonomi atau berpotensi ekonomi, khususnya tumbuhan penghasil bahan pangan, sandang, papan, obat-obatan, buah-buahan  maupun tumbuhan yang mempunyai nilai hias atau estetika.

Kewenangan

Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan

Masterplan

2006

MoU

2014

AMDAL

2007

Koordinat Lookasi

50 8’50.24’’ LS dan 1190 39’12.74’’ BT

Kelembagaan

UPTD Kebun Raya Pucak, Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Sulawesi Selatan

Luas

120 ha

Tema Koleksi

Tumbuhan Bernilai Ekonomi

Taman Tematik

Taman Anggrek, Taman Tumbuhan Obat, dan Taman Tematik Araceae

Alamat

Dusun Arra, Desa Tompobulu, Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Maros, Provinsi Sulawesi Selatan

Kontak

(0411) 436936

Kebun raya Pucak terletak di Desa Tompobulu, Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. Lokasi tersebut sangat strategis karena berada di Wilayah metropolitan MAMMINASATA yang merupakan konsepsi pengembangan Tata Ruang Wilayah secara terpadu. Jarak tempuh dari Bandara Internasional Hasanuddin Makassar menuju Kebun Raya Pucak berkisar 20 Km dan dapat ditempuh menggunakan kendaraan darat selama 1 jam.


img

Kebun Raya Pucak yang bertemakan Agro Botanical Gardens telah berhasil mengumpulkan berbagai jenis tanaman koleksi yang berasal dari kegiatan perbanyakan vegetatif dan kegiatan eksplorasi tumbuhan. Seluruh kegiatan konservasi tumbuhan tersebut telah terdokumentasi dan tertata dengan baik dalam bentuk database koleksi. Kegiatan pembibitan tanaman koleksi dan penanaman tanaman koleksi di area kebun raya sudah menerapkan sistem registrasi kebun raya diantaranya nomor akses, nomor kolektor, nama kolektor, nama spesies, dan asal tanaman koleksi.

Pembibitan

84 jenis (3.538 spesimen)

Kebun

198 jenis (632 spesimen)

Database Koleksi

3.554 spesimen

Katalog Koleksi

Proses