Sejalan dengan  agenda 21 konservasi keanekaragaman hayati Indonesia dan strategi konservasi ex-situ kebun raya di Indonesia, Kebun Raya Sambas dibangun untuk melengkapi jumlah kawasan konservasi ex-situ kebun raya di Indonesia. Kebun Raya Sambas dikembangkan untuk mengkonservasi tumbuhan dengan prioritas tumbuhan khas Kalimantan. Kebun Raya Sambas merupakan satu-satunya kebun raya di Provinsi Kalimantan Barat yang akan menjadi kawasan konservasi tumbuhan dan kawasan pendidikan dan penelitian, serta menjadi tempat wisata alam terbuka hijau. Kebun raya Sambas terletak di Desa Sabung, Kecamatan Subah, Kabupaten Sambas dengan jarak ± 50 km dari Kota Sambas. Pembangunan kebun raya di lokasi ini diperlukan untuk melakukan konservasi tumbuhan setempat, agar lokasi tidak diubah sepenuhnya menjadi perkebunan kelapa sawit. Kawasan Kebun Raya Sambas secara umum merupakan lahan yang ditutupi oleh vegetasi hutan sekunder dengan tipe hutan dataran rendah dan sedikit hutan rawa serta hutan riparian yang didominasi jenis Dipterocarpaceae dengan luas 300 ha.

Kewenangan

Pemerintah Kabupaten Sambas

Masterplan

2008

MoU

2012, 2017, diperpanjang 2022

AMDAL

2008

Koordinat Lokasi

1o 15’ 59,46” LS dan 109o 28’ 09,36” BT

Kelembagaan

UPTD Penelitian Kebun Raya Sambas , Badan Perencanaan Pembangunan  Daerah Kabupaten Sambas

Luas

300 ha

Tema Koleksi

Tumbuhan Riparian Kalimantan

Taman Tematik

Orchidarium, Taman Araceae dan Taman Tumbuhan Obat

Alamat Lembaga

Jalan Pembangunan, Desa Dalam Kaum, Sambas, Kode Pos 79400

Kontak

Telp. & Fax. (0562) 392785

 E-mail bappedasambas@yahoo.com

Secara administratif, Kebun Raya Sambas terletak di Desa Sabung, Kecamatan Subah, Kabupaten Sambas, Propinsi Kalimantan Barat. Kebun Raya Sambas berjarak ± 50 km dari Ibukota Kabupaten Sambas atau dapat ditempuh selama 2-3 jam menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat double gardan. Sementara waktu tempuh yang dibutuhkan untuk menuju ke Ibukota Sambas bila diakses melalui perjalanan darat menggunakan kendaraan roda empat dari Pontianak ± 5-6 jam. Kondisi jalan dari Ibukota Kabupaten Sambas ke lokasi kebun raya masih berupa jalan tanah dan batu. Rute yang dilalui lebih jauh dari yang seharusnya karena belum dibangun jembatan pada Sungai Subah yang menghubungkan Desa Sabung dan lokasi kebun raya. Jalan menuju ke kebun raya sementara harus melewati jalan perkebunan kelapa sawit dan jalan daerah transmigrasi di Desa Bukit Mulya dan Sungai Deden.

img

Koleksi tumbuhan yang ada di Kebun Raya Sambas berasal dari hasil eksplorasi tumbuhan, perbanyakan tanaman, dan  sebagian besar dari tumbuhan spontan yang ada di Kebun Raya Sambas yang merupakan tumbuhan hasil suksesi sekunder hutan dataran rendah. Pendataan dan peregistrasian dilakukan pada bibit-bibit yang masih ada di pembibitan dan koleksi yang sudah ditanam. Dengan demikian seluruh koleksi sudah terdokumentasi dalam mekanisme kerja registrasi, antara lain memiliki nomor kolektor, nomor akses atau nomor koleksi kebun, serta diketahui asal-usulnya. Koleksi yang sudah ditanam di kebun dikelompokan kedalam  vak-vak yang sudah terdokumentasi dalam database koleksi.

Pembibitan

48 spesies (737 spesimen)

Kebun

138 spesies (608 spesimen)

Database Koleksi

186 spseise (1.345 spesimen)

Katalog Koleksi

Draft Revisi 2016