Kebun Raya Sampit terletak di wilayah administratif Kabupaten Kotawaringin Timur, Provinsi Kalimantan Tengah, memiliki luas sekitar 600 ha dengan ketinggian sekitar 30 m dpl. Kebun Raya Sampit memiliki tema Konservasi Tumbuhan Hutan Kerangas. Sesuai dengan temanya, Kebun Raya Sampit akan fokus pada koleksi Tanaman Kerangas yang endemik di Kalimantan Tengah. Kebun Raya Sampit merupakan Kebun Raya yang masih dalam tahap perencanaan atau tahap awal dalam pembangunan Kebun Raya.

Kewenangan

Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur

Masterplan

2016

MoU

2015

AMDAL

2017

Koordinat Lokasi

2o 29’ 1.81” LS dan 112o 44’ 59.89” BT

Kelembagaan

Dinas Lingkungan Hidup, Kabupaten Kotawaringin Timur

Luas

600 ha

Tema Koleksi

Tumbuhan Hutan Kerangas

Taman Tematik

Taman Tematik Kayu Komersial

Alamat

Hutan Monumental Jl. Jendral Sudirman KM 29-31, Desa Penyang, Kecamatan Telawang, Kabupaten Kotawaringin Timur, Provinsi Kalimantan Tengah.

Kontak

+62 (531) 31590

Kebun Raya Sampit terletak di sepanjang jalan provinsi yaitu di Jl. Jendral Sudirman KM 29-31, Desa Penyang, Kecamatan Telawang, Kabupaten Kotawaringin Timur, Provinsi Kalimantan Tengah. Lokasi Kebun Raya sangat strategis karena berada di jalan provinsi yang menghubungkan Sampit dan Pangkalan Bun. Jarak dari Kota Sampit ke Kebun Raya sekitar 30 km dan dapat ditempuh selama kurang lebih satu jam dengan kendaraan pribadi.

img

Koleksi tumbuhan yang diprioritaskan untuk dikembangkan di Kebun Raya Sampit adalah jenis-jenis tumbuhan lokal, endemik dan langka yang mampu beradaptasi dengan kondisi tanah, air dan iklim setempat. Berdasarkan kondisi eksisting, jenis-jenis asli/lokal akan mendapatkan prioritas untuk tetap dilestarikan melalui penetapan beberapa hutan sisa sebagai kawasan konservasi in situ. Sampai saat ini Kebun Raya Sampit baru memilik koleksi di pembibitan saja dan belum ada database pengelola tanaman koleksi.

Pembibitan

226 jenis (3.373 spesimen)

Kebun

8 jenis (43 spesimen)

Database Koleksi

-

Katalog Koleksi

-