Lokasi Kebun Raya Solok berada di daerah administrasi Nagari Aripan, Kecamatan X Koto Singkarak, Kabupaten Solok, Propinsi Sumatera Barat. Secara geographis, terletak diperbukitan Tampa Dado + 4 Km dari kawasan pinggiran Danau Singkarak, dengan topografi datar berbukit. Sekitar 25 Km arah utara dari Aro Suka, Pusat Pemerintahan Kabupaten Solok.

Tema Koleksi Kebun Raya Solok dirancang untuk menonjolkan tema konservasi tumbuhan rempah, meskipun upaya konservasi berbagai jenis tumbuhan lainnya juga tetap mendapatkan perhatian yang tinggi. Tema ini dipilih karena masyarakat Sumatra Barat sangat akrab dengan pemanfaatan tumbuhan rempah dalam kehidupan kesehariannya, khususnya sebagai penyedap berbagai jenis masakan khas daerah ataupun dalam masakan padang yang sudah terkenal di seluruh Indonesia bahkan sampai ke manca negara.

Kewenangan

Pemerintah Kabupaten Solok

Masterplan

2009

Mou

2013

AMDAL

2011

Koordinat Lokasi

0o 43’ 03.8” LS dan 100o 38’ 11.7” BT

Kelembagaan

Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Solok

Luas (ha)

112.6

Tema Koleksi

Tumbuhan Rempah Indonesia

Taman Tematik

-

Alamat  

-

Kontak  

-

-

img

Pengkayaan tanaman koleksi di Kebun Raya Solok diperoleh melalui kegiatan eksplorasi tumbuhan maupun perbanyakan tanaman. Pendataan dan peregistrasian dilakukan pada koleksi yang sudah ditanam di kebun maupun bibit-bibit yang masih ada di persemaian.

Dengan demikian seluruh koleksinya baik yang ada ada di pembibitan maupun yang sudah ditanam di kebun sudah terekam dalam sistem protokol dan mekanisme kerja registrasi, antara lain memiliki nomor kolektor, nomor akses atau nomor koleksi kebun, serta diketahui asal-usulnya. Koleksi yang sudah ditanam di kebun dikelompokkan dalam vak-vak tematik yang sudah terdokumentasikan dalam database koleksi.

Pembibitan

-

Kebun

-

Katalog Koleksi

-