Kebun Raya merupakan kawasan yang telah terbukti mampu mempertahankan kelestarian sumber daya hayati di Indonesia bahkan di dunia. Pembangunan kebun raya di Indonesia telah digagas Pemerintah Daerah sejak tahun 1999 hingga sekarang, dan diharapkan akan terus berkembang hingga seluruh penjuru tanah air, karena telah adanya landasan hukum pembangunan kebun raya yang biasa dijadikan momentum pembangun kebun raya sendiri. 

Kebun Raya Sriwijaya merupakan salah satu kebun raya yang menjadi prioritas pembangunan daerah Sumatera Selatan yang telah diinisiasi pembangunannya sejak tahun 2013. Penetapan Kebun Raya Sriwijaya sebagai kawasan konservasi tanaman ex-situ sesuai dengan SK Gubernur Sumatera Selatan No.553/KPTS/BALITBANGDA/2011 tanggal 2 Agustus 2011 ditetapkan lahan seluas ± 100 ha yang secara administratif masuk kedalam wilayah Desa Bakung, Kecamatan Indralaya Utara, Kabupaten Ogan Ilir Provinsi Sumatera Selatan.

Provinsi Sumatera Selatan dikenal memiliki lahan basah (gambut) yang sangat luas menutupi sebagian wilayahnya. Lahan basah ini memiliki karakter yang unik yaitu dengan kelembapan tanah yang sangat tinggi, bahkan cenderung tergenang. Kondisi yang demikian memungkinkan keberadaan spesies-spesies tumbuhan endemik yang telah mampu beradaptasi dengan kondisi ekstrem dan cekaman. Keanekaragaman tumbuhan yang tinggi dan keberadaan masyarakat di wilayah tersebut yang sejak lama memanfaatkan tumbuhan, salah satunya sebagai tumbuhan obat. Berdasarkan hal tersebut ditetapkan tema Kebun Raya Sriwijaya sebagai kawasan konservasi tumbuhan lahan basah dan tumbuhan obat.

Kewenangan

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan

Masterplan

2010, direview 2013

MoU

2010, diperpanjang 2015

AMDAL

2012

Koordinat Lokasi

3o 09’ 31.54” LS dan 104o 32’ 55.87” BT

Kelembagaan

UPTB Kebun Raya Sriwijaya, Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah, Provinsi Sumatera
Selatan

Luas (ha)

100

Tema Koleksi

Tumbuhan Lahan Basah dan Tumbuhan Obat

Taman Tematik

-

Alamat

Jl. Patratani Bakung-Indralaya Utara - Ogan Ilir - Sumatera Selatan

Kontak

08117101125 ( H. Ali Musir, S.H., S.IP., M.H.)

 

Lokasi Kebun Raya Sriwijaya berada di Desa Bakung, Kecamatan Inderalaya Utara, Kabupaten Ogan Ilir. Jarak dari Ibukota Provinsi sejauh 52 km dapat ditempuh dalam waktu 2 jam dari Ibukota Kabupaten Ogan Ilir sejauh 15 km, dapat ditempuh dalam waktu 30 menit.

 

img

Penambahan koleksi tumbuhan di Kebun Raya Sriwijaya berasal dari kegiatan eksplorasi dan perbanyakan. Tumbuhan yang terdapat di Kebun Raya Sriwijaya baik yang tertanam di kebun dan yang masih berada di pembibitan telah dilakukan proses pendataan dan registrasi.

Pembibitan

2.064 spesimen

Kebun

189 spesimen

Database koleksi

-

Katalog Koleksi

-