Kebun Raya Tanjung Puri Tabalong merupakan salah satu dari tiga Kebun Raya yang ada di Provinsi Kalimantan Selatan.  Lokasi Kebun Raya Tanjung Puri Tabalong  terletak di Desa Kasiau, Kecamatan Murung Pudak, Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan. Nama Tanjung Puri berasal dari nama kerajaan yang dahulu ada di Kabupaten Tabalong. Tema koleksi tumbuhan di Kebun Raya Tanjung Puri Tabalong adalah konservasi tumbuhan hutan pamah Kalimantan dengan Ikon (maskot) tumbuhan adalah langsat (Lansium parasiticum (Osbeck) K.C.Sahni & Bennet). Tanaman langsat di Kabupaten Tabalong merupakan jenis tanaman lokal yang banyak dibudidayakan masyarakat  dan bernilai ekonomi yang tinggi. Pembangunan Kebun Raya Tanjung Puri Tabalong dimulai pada tahun 2016 dengan ditandatanganinya Nota Kesepahaman antara  LIPI dan Pemerintah Kabupaten Tabalong serta penyusunan Rencana Induk (Masterplan) pada tahun 2017. Saat ini pengelolaan Kebun Raya Tanjung Puri dibawah pengelolaan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tabalong.

Kewenangan

Pemerintah Kabupaten Tabalong

Masterplan

2017

MoU

2016

AMDAL

2017

Koordinat Lokasi

20 05‘ 53“ LS dan 1150 28’ 33” BT

Kelembagaan

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Tabalong

Luas Lahan

50 ha

Tema Koleksi

Tumbuhan Hutan Pamah Kalimantan

Taman Tematik

-

Alamat

-

Kontak

-

Lokasi Kebun Raya Tanjung Puri sangat strategis, karena terletak di tepi jalan nasional yang menghubungkan Kota Tanjung (pusat pemerintahan Kab. Tabalong, Kalimantan Selatan) dan Kota Balikpapan (Kalimantan Timur). Jarak Lokasi Kebun Raya Tanjung Puri Tabalong dari Kota Tanjung sekitar 15 km yang dapat ditempuh dalam waktu 20 menit, sedangkan  jarak  dari Kota Banjarmasin sekitar 232 km yang dapat ditempuh sekitar 5 jam perjalanan dengan kondisi jalan yang sangat baik.

img

Lahan di lokasi tapak merupakan lahan kering dengan topografi datar hingga landai. Secara umum lokasi tapak terdiri dari 3 tipe tutupan vegetasi, yaitu: perkebunan karet, hutan dan semak belukar (rumput). Kebun karet merupakan tipe tutupan vegetasi yang paling dominan, dengan lokasi tersebar dari tengah sampai ke arah selatan kawasan.

Pada lokasi kebun karet ditemukan jenis-jenis tumbuhan bawah diantaranya: Dicranopteris linearis (Burm. f.) Underw. (resam), Imperata cylindrica (L.) Raeusch. (alang-alang/halalang), Ischaemum rugosum Salisb. (rumput rawa), Asystasia gangetica subsp. micrantha (Nees) Ensermu (rumput Israel), Leptochloa chinensis (L.) Nees (rumput timun) dan Pogonatherum paniceum (Lam.) Hack. (Bambu bambuan). Pada lokasi kebun karet juga ditemukan jenis-jenis semai tumbuhan yang berhabitus perdu dan pohon diantaranya: Vitex pinnata L. (Alaban), Syzygium racemosum (Blume) DC., Syzygium tawahense (Korth.) Merr. & L.M.Perry (jambu-jambu), Flacourtia jangomas (Lour.) Raeusch.(rukem) dan Melastoma malabathricum L. (Senduduk).

Pembibitan

-

Kebun

-

Database koleksi

-

Katalog Koleksi

-