Pulau Papua yang terdiri dari Provinsi Papua dan Papua Barat adalah dua provinsi yang telah dan sedang aktif membangun, terutama pembangunan infrastruktur darat yang menjadi prioritas pembangunan guna mengentaskan keterasingan. Laju pembangunan ini sayangnya belum diimbangi oleh upaya-upaya konservasi yang nyata yang dikhawatirkan akan menimbulkan ancaman kerusakan dan bahkan kepunahan jenis biota sebelum diketahui potensi pemanfaatanya.

Setelah delapan belas tahun pembangunannya, Kebun Biologi Wamena yang dikelola oleh Puslit Biologi ini terus mengalami kemunduran dari segi infrastruktur fisik dan pengelolaan koleksi sebagai kebun raya. Semenjak UPT-TTG LIPI menyelesaikan masa baktinya dan sepenuhnya meninggalkan Wamena pada tahun 2000, keberlangsungan Kebun Biologi Wamena sebagai tapak konservasi ex-situ menjadi terlantar sebagaimana ditunjukkan oleh banyaknya koleksi yang telah mati dan pendataan koleksi yang rusak dan hilang.

Meskipun selama ini masih dilakukan perawatan kebun secara umum dan adanya dukungan dari pemerintah daerah, tetapi kondisi kebun yang luas dan keterbatasan tenaga ahli membuat kondisi kebun seperti terbengkalai dan banyak infrastruktur yang rusak akibat faktor usia dan keamanan kebun yang masih rendah. Pada akhir tahun 2012, pengalihan pengelolaan Kebun Biologi Wamena dari Puslit Biologi ke Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Bogor dirintis guna mendayagunakan kembali tapak kebun agar selaras dengan tujuan awal pendiriannya.
Dengan nama baru Kebun Raya Wamena, yang langsung dikoordinasi oleh PKT Kebun Raya Bogor,diharapkan mampu bangkit kembali dan menjadi salah satu kebun raya derah yang dapat menjalankan fungsi-fungsinya sesuai dengan konsep kebun raya yaitu, pusat konservasi, penelitian, pendidikan, wisata dan jasa lingkungan.
Dengan dukungan dari Presiden Republik Indonesia melalui Peraturan Presiden Nomor 93 tahun 2011 tentang Pengembangan Kebun Raya Indonesia, dan di dalam RPJMN 2010-2014 melalui Program Prioritas Nasional 9 (PN9).

Kewenangan

Pemerintah Kabupaten Jayawijaya

Masterplan

2016

Mou

2016

AMDAL

-

Koordinat Lokasi

 4o 13’ 2.05” LS dan 138o 45’ 51.06” BT

Kelembagaan

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Kabupaten Jayawijaya

Luas (ha)

160 ha

Tema Koleksi

Tumbuhan Pegunungan Tengah Papua

Taman Tematik

Taman Baliem/Taman Tumbuhan Kehormatan, Taman Rhododendron , Taman Mawar, Taman Konifer, Taman Paku-pakuan, Taman Tumbuhan Pakan Lebah, Taman Rempah Obat dan Racun (ROR) dan Taman Pilamo (Taman Adat dan Budaya) (Proses)

Alamat  

-

Kontak  

-

       NULL


img

Pembibitan

1.231 spesimen

Kebun

1.041 spesimen

Database Koleksi

1.041 spesimen

Katalog Koleksi

Proses