LIPI Gelar Diseminasi Iptek di Provinsi Bangka Belitung

BERITA | 13 September 2017 | Redaksi KR Bogor

Pusat Konservasi Tumbuhan (PKT) Kebun Raya – LIPI  gelar diseminasi Iptek bertema “Pengenalan Konservasi dan Pengembangan Potensi Daerah“ di Desa Bukit Layang, Kecamatan Bakam, Kabupaten Bangka, Provinsi Bangka Belitung, Sabtu (13/09/2017).

Tampak hadir dalam kegiatan itu Anggota DPR RI Komisi VII,  Eko Wijaya,  Anggota DPRD Kabupaten Bangka, Mulkan SH, Asisten Administrasi dan Umum Setda Bangka, H Akhmad Mukhsin, Kabid. Pengembangan Kawasan Konservasi Tumbuhan Ex Situ  PKT Kebun Raya – LIPI, Dr. Joko Ridho Witono dan  Kepala Desa Bukit Layang, Andry. Kegiatan itu dihadiri 150 tamu undangan yang terdiri dari Muspika Bakam, Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan), UPT Kecamatan Bakam, dan Kepala Dusun dan warga masyarakat Kecamatan Bakam.

Kegiatan ini merupakan salah satu tindak lanjut perjanjian kerja sama antara LIPI dan Pemerintah Kabupaten Bangka yang ditandatangani pada bulan Desember 2016. Kerja sama mencakup penelitian, pengkajian, pengembangan, pemanfaatan sumber daya alam dan peningkatan sumber daya manusia, penerapan teknologi, pengembangan wilayah terpadu, pembangunan dan pengelolaan kebun raya dan kawasan konservasi, serta penyebarluasan informasi hasil kerja sama. Kabupaten Bangka memiliki potensi yang sangat potensial di berbagai sektor, mulai dari pertambangan, pertanian, peternakan, perkebunan, kehutanan, hingga perikanan darat dan laut.

Sebelum penandatanganan perjanjian kerja sama, LIPI pernah melakukan beberapa kegiatan penelitian water telemetric di Provinsi Bangka Belitung yang memungkinkan pemantauan kualitas dan volume air minum sejak dari sumber, tangki penampungan, pipa distribusi, sampai ke tempat pelanggan lewat aplikasi  telepon seluler. Kegiatan yang dilakukan oleh Pusat Penelitian Metrologi LIPI ini telah digunakan oleh Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Bangka Barat yang rencananya akan diproduksi secara masal karena asosiasi perusahaan daerah air minum se-Indonesia berminat untuk menggunakannya.

“Lembaga Ilmu Pengetahuan (LIPI) diberi amanah untuk melaksanakan Kegiatan Diseminasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) di 50 daerah di Indonesia bermitra dengan Komisi VII DPR RI. Kegiatan di Desa Bukit Layang ini merupakan kegiatan diseminasi yang ke -26”, ujar Dr. Joko Ridho Witono dalam sambutannya. Hasil kegiatan/penelitian  LIPI  diharapkan dapat langsung dirasakan oleh masyarakat sesuai dengan potensi daerahnya. Untuk Kabupaten Bangka yang dikenal sebagai penghasil tambang timah, LIPI akan mendukung program rehabilitasi bekas galian tambang melalui penghijauan tanaman produktif. Pada kegiatan diseminasi Iptek ini, LIPI memberikan bimbingan teknis terkait budidaya tanaman lada, mangga arumanis dan kelapa hibrida serta pelatihan pembuatan pupuk kompos. Pada kesempatan tersebut, LIPI memberikan bantuan 800 bibit lada jenis perdu, 800 bibit mangga arumanis dan 800 bibit kelapa hibrida kepada gabungan kelompok tani, UKM dan para Kepala Dusun di Desa Bukit Layang, Kecamatan Bakam, Kabupaten Bangka (Sancoyo, KRB).