LIPI Resmikan Kebun Raya Jompie Parepare

BERITA | 29 November 2017 | Nisfal Filsa

PAREPARE, BKM — Bagi masyarakat Parepare dan sekitarnya, tak perlu lagi ke Kebun Raya Bogor untuk berwisata alam. Sebab, telah hadir Kebun Raya Jompie (KRJ) di Parepare.

Pemkot Parepare bersama Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) serta Kementerian PUPR telah meresmikan KRJ yang juga berada di tengah perkotaan, tepatnya di Kelurahan Bukit Indah, Kecamatan Soreang, Selasa (28/11/2017).

Dengan konsep yang mirip dengan Kebun Raya Bogor, KRJ juga menyajikan sarana wisata yang juga mendukung pelestarian lingkungan serta berfungsi untuk konservasi, pendidikan dan penelitian.

“KRJ Parepare merupakan kebun raya yang dilaunching kedua di Sulawesi, dan yang ada di tengah-tengah perkotaan selain Kebun Raya di Bogor. LIPI yang terlibat secara aktif melalui eksplorasi tumbuhan, serta pembinaan teknis dan manajemen,” jelas Kepala LIPI, Bambang Subyanto usai peresmian KRJ.

Direktur Bina Penataan Bangunan Kementerian PUPR, Iwan Suprijanto pun menyampaikan apresiasinya kepada Pemkot Parepare serta seluruh pihak yang terlibat sehingga suksesnya pembangunan KRJ.

“Apalagi KRJ ini diinisiasi sejak enam tahun yang lalu. Untuk itu, kami mendorong pemerintah dalam meningkatkan perlindungan lingkungan khususnya di Parepare,” tutur Iwan.

Sementara Plt. Sekda Parepare, Iwan As’ad menyampaikan harapanya dengan banyaknya pengunjung yang berwisata di KRJ ini, akan berpengaruh terhadap peningkatan pendapatan daerah.

“Sehingga juga dapat memberikan peningkatan kesejahteraan masyarakat,” ungkap Iwan yang juga kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Parepare ini.  (smr)

Sumber : beritakota.co.id. 29 November 2017