PKT Kebun Raya LIPI adakan Diklat Perkebunrayaan Tingkat Teknis Angkatan Ke VI Tahun 2017

BERITA | 07 Agustus 2017 | Redaksi KR Bogor

Pada hari ini, Senin 7 Agustus 2017 bertempat di Gedung Cemara Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi - LIPI dilaksanakan Pembukaan Diklat Perkebunrayaan Kelas Teknis Tingkat VI. Diklat dibuka secara resmi oleh Dr. Didik Widyatmoko, M.Sc. selaku Kepala Pusat Konservasi Tumbuhan Raya – LIPI. Dalam sambutannya, Dr. Didik menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat penting untuk meningkatkan kapasitas SDM khususnya dalam kegiatan eksplorasi dan penanganannya selama di pembibitan kebun raya. "Target-target eksplorasi jangan hanya diukur secara kuantitas, namun perlu ditingkatkan aspek kualitas koleksinya, yaitu nilai konservasi koleksi tumbuhannya. Hal ini, tidak bisa tidak, harus dilakukan karena untuk memenuhi amanat dunia (sebagaimana tertuang dalam Target 8 Global Strategy for Plant Conservation/GSPC) bahwa KRI harus mampu mengkonservasi 70% tumbuhan terancam kepunahan." imbuhnya.

Diklat ini diikuti oleh 75 orang peserta, berasal dari 32 kebun raya di Indonesia, baik Kebun Raya LIPI, daerah, maupun kebun raya di bawah pengelolaan perguruan tinggi.

Hadir pula sebagai peserta 11 orang dari 6 kebun raya yang baru diinisiasi tahun 2017 (belum punya atau masih dalam proses masterplan), yaitu KR Institut Teknologi Sumatera (ITERA) sebanyak 2 orang, KR Rimbe Mambang Kabupaten Bangka 2 orang, KR Tanjung Puri Kabupaten Tabalong 2 orang, KR Balangan 2 orang, KR Bulukumba 2 orang, dan KR Ngada, NTT 1 orang. 

Diklat teknis ini juga diikuti oleh sebagian besar staf teknis KRI, walaupun ada juga pejabat setingkat Eselon III (Kabid di Balitbangda Kab. Balangan dan Kabid di Bappeda Bulukumba) dan Eselon III (Kepala UPT KR Kuningan, Kasubbid di Bappeda Tabalong, Kasi Konservasi KR Sriwijaya) yang mengikuti diklat sebagai peserta.

Diklat Perkebunrayaan Kelas Teknis ini merupakan pelaksanaan peningkatan kapasitas SDM kebun raya pada tahun ke-7, dengan fokus kegiatan Eksplorasi Tumbuhan dan Pembibitan. Secara umum, tujuan Diklat Teknis adalah:
1. Mempersiapkan SDM terlatih dan paham kaidah-kaidah perkebunrayaan (khususnya dalam melakukan eksplorasi)
2. Mendukung percepatan KRD
3. Memperkuat posisi KRB sebagai Pembina dan pengawas KRI

Materi diklat kali ini terdiri atas Pengantar Registrasi dan Pengelolaan Data Koleksi (dibawakan oleh Deden Mudiana, M.Si. dkk), Pengenalan Eksplorasi Tumbuhan Anggrek dan Non Anggrek serta Cara Penangannya (Ir. Dwi Murti Puspitaningtyas, M.Sc., Dra. Inggit Puji Astuti, M.Si. dkk), Dasar-dasar Pengenalan Tumbuhan di Lapangan (Spot Characters) (Dwi Narko dan Adi Suprapto, S.Si.), dan Kegiatan Eksplorasi Lapangan yang dilakukan di Tahura R. Suryo, Cangar, Batu. 
 

Sumber: http://krbogor.lipi.go.id/id/Tingkatkan-Kualitas-SDM-PKT-Kebun-Raya-LIPI-adakan-Diklat-Perkebunrayaan-Tingkat-Teknis-Angkatan-KeVI-Tahun-2017.html