PKT Kebun Raya LIPI Terima Kunjungan Kerja DPRD Kabupaten Minahasa Tenggara

BERITA | 31 Mei 2018 | Saniyatun Maratus Solihah/Nisfal Filsa

Rabu, 30 Mei 2018 PKT Kebun Raya-LIPI menerima kunjungan kerja Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Minahasa Tenggara di Ruang Shorea, Graha Samida PKT Kebun Raya-LIPI. Kunjungan kerja dihadiri 25 orang, yang terdiri dari Ketua, Wakil Ketua dan Anggota DPRD Kabupaten Minahasa Tenggara, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Minahasa Tenggara, Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Tenggara beserta stafnya. Kunjungan ini bertujuan untuk melihat langsung keberadaaan Kebun Raya Bogor sehingga memotivasi pembangunan Kebun Raya Megawati Soekarnoputri.

 

Ketua DRPD Kabupaten Minahasa Tegggara, Drs. Tavif Watuseke mengemukakan bahwa Kebun Raya Megawati Soekarnoputri adalah satu-satunya kebun raya di dunia yang merupakan lahan bekas tambang emas, tepatnya bekas lahan PT Newmont Minahasa Raya yang sudah dikembalikan lagi ke pemerintah dengan status Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK). Lebih lanjut wakil ketua DPRD Kabupaten Minahasa Tenggara, Katrien Mokodaser menerangkan bahwa kunjungan ini juga bertujuan untuk mengetahui perkembangan pekerjaan pembangunan KR Megawati Soekarnoputi yang telah dilakukan bersama dengan PKT Kebun Raya–LIPI. Setelah kunjungan ini, diharapkan kondisi KR Megawati Soekarnoputri beberapa puluh tahun kedepan kurang lebih hampir sama dengan Kebun Raya Bogor.

 

Kunjungan ini disambut antusias oleh Kepala Bidang Pengembangan Kawasan Konservasi Tumbuhan Ex situ, Ir. Dwi Murti Puspitaningtyas, M.Sc. Beliau menjelaskan untuk menjadikan sebuah kebun raya, komitmen pemerintah daerah sangat diperlukan. Khususnya dalam hal alokasi anggaran dan sumber daya manusia. Karena ini yang menjadi modal utama supaya pembangunan kebun raya dapat berjalan lancar. Dalam kunjungan ini juga dipaparkan Program Pembangunan Kebun Raya di Indonesia dan progres pembangunan KR Megawati Soekarnoputri periode 2014-2018 oleh Kepala Subbidang Pemantauan dan Evaluasi PK2TE, Sri Wahyuni, M.Si. Beliau juga menjelaskan kegiatan apa saja yang telah dilakukan PKT Kebun Raya – LIPI dengan Kebun Raya Megawati Soekarnoputri dari tahap penyusunan masterplan (2014) sampai sekarang beserta kendala-kendala yang dihadapi.

 

Kunjungan yang diisi tukar ilmu dan informasi antara PKT Kebun Raya – LIPI dan Pemerintah Daerah Kabupaten Minahasa Tenggara diharapkan kerjasama kedua pihak kedepannya semakin meningkat lagi. Selain itu, dengan adanya kunjungan ini juga diharapkan pembangunan Kebun Raya Megawati Soekarnoputri kedepannya menjadi lebih baik dan selalu termotivasi menjadikan kebun raya yang menjadi benteng terakhir tumbuhan pamah kawasan Wallacea yang berkelas nasional bahkan internasional (Saniyatun Mar’atus Solihah/Nisfal Filsa/PK2TE/KRB).