Tingkatkan kualitas SDM Kebun Raya Liwa mengirimkan Staf ke Kebun Raya Bogor

BERITA | 22 Mei 2018 | Saniyatun Maratus Solihah/Nisfal Filsa

Bogor, 23 – 27 April 2018, Staf Kebun Raya Liwa (KRL) melakukan kegiatan magang di PKT Kebun Raya–LIPI. 

Kegiatan magang ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi SDM di KRL agar pengetahuan, kemampuan dan keterampilannya sesuai dengan tuntunan pekerjaan yang dilakukan. Bagi KRL yang telah dilaunching pada tanggal 5 Desember 2017, SDM merupakan aset penting karena menjadi pelaksana utama aktivitas manajerial dan operasional terlebih KRL merupakan kebun raya yang memasuki tahap pengelolaan dan terus semangat dalam membangun infrastruktur dan meningkatkan kualitas SDM.

Pada kegiatan magang kali ini, KRL mengirimkan staf yang bertugas di bagian pembibitan dan registrasi koleksi. Kegiatan magang diisi dengan materi dan praktek langsung di lapangan. Staf yang berkecimpung di pembibitan mendalami materi dan praktek di pembibitan antara lain penanganan material dan cara perbanyakan koleksi Nepenthes dan anggrek baik secara kovensional dengan split maupun kultur jaringan. Sedangkan staf yang fokus di bagian registrasi koleksi lebih mendalami materi dan praktek terkait regsitrasi koleksi, seperti SIGit, pemetaan, penggunaan GPS, dan penggunaan ArcGIS. Kegiatan magang dibimbing langsung oleh staf ahli di Subbidang Registrasi dan Pembibitan.

Materi registrasi yang cukup banyak dan tidak mungkin diserap dalam waktu sehari dua hari, maka KRL memperpanjang pelatihan staf registrasi koleksi sampai tanggal 3 Mei 2018. Dengan bertambahnya waktu magang diharapkan mendapat pencerahan ilmu yang lebih tent

ang registrasi koleksi di KRL nanti. Mudah-mudahan staf KRL dibagian lain juga mendapat kesempatan magang di KRB. Dengan adanya kegiatan magang ini, semoga kualitas SDM di lingkungan KRL terus meningkat dan dapat menjadi motivasi untuk kebun raya – kebun raya lain di Indonesia untuk terus meningkatkan sumber daya manusia demi membangun dan mengembangkan benteng terakhir biodiversitas Indonesia (Saniyatun Mar’atus Solihah/Nisfal Filsa/PK2TE/KRB/2018).