Workshop Manajemen Perkebunrayaan 2017

BERITA | 22 November 2017 | Redaksi KR Bogor

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia melalui PKT Kebun Raya LIPI telah membangun 27 Kebun Raya di 20 Provinsi di seluruh Indonesia. Hal ini masih dianggap kurang untuk bisa mengkonservasi keanekaragaman hayati flora di seluruh Indonesia. Mengingat berdasarkan tipe ekoregian, minimal Indonesia memiliki 47 Kebun Raya. Hal itu diungkapkan oleh Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Hayati LIPI Prof. Dr. Enny Sudarmonowati saat membuka Workshop Manajemen Perkebunrayaan dengan tema Pengembangan Kebun Raya Daerah untuk Konservasi, Bioresources dan Kesejahteraan Masyarakat, di Graha Samida. Rabu (22/11).

“Komitmen yang kuat dan konsistensi dari pengelola atau pemda sebagai pemilik kebun raya sangat menentukan keberhasilan pembangunan kebun raya, karena pembangunan kebun raya merupakan proses jangka panjang” ujarnya.

Prof Enny menambahkan bahwa sampai saat ini Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya LIPI sudah berperan aktif dalam pembangunan 27 Kebun Raya Daerah yang terletak di 20 Provinsi di Indonesia. Dari jumlah tersebut, 6 Kebun Raya Daerah telah launching, yaitu: KR Massenrempulu Enrekang (2013); KR Balikpapan (2014); KR Kuningan dan KR Baturraden (2015); KR Katingan dan KR Banua (2016) dan direncanakan 3 KR Daerah akan dilaunching tahun 2017, yaitu KR Batam yang sudah pra-launching tanggal 14 November 2017, KR Jompie Parepare tanggal 28 November 2017 dan KR Liwa tanggal 5 Desember 2017. Pada tahun 2017 ini, juga sudah ada penambahan 5 kebun raya yang sedang diinisiasi dan dibuat master plannya, yaitu KR ITERA (sudah selesai master plannya), KR Rimbe Mambang Bangka, KR Balangan-Kalimantan Selatan, KR Tanjung Puri-Tabalong Kalimantan Selatan dan KR Belitung Timur.

Sementara itu Kepala PKT Kebun Raya LIPI Dr. Didik Widyatmoko mengungkapkan kegiatan Workshop Manajemen Perkebunrayaan 2017 ini akan membahas tentang perkembangan pembangunan kebun raya di Indonesia yang meliputi Kebijakan Penganggaran Program Pembangunan Kebun Raya Daerah, Pembangunan Kebun Raya Daerah sebagai Salah Satu Program Prioritas LIPI, Dukungan Kementerian PUPR dalam Program Pengembangan Ruang Terbuka Hijau dalam Bentuk Kebun Raya, Evaluasi Pelaksanaan Roadmap Pembangunan Kebun Raya 2015 – 2017, Sharing Success Stories pembangunan Kebun Raya, dan Penyusunan Rencana Pembangunan Infrastruktur di Kebun Raya. (Ayi Doni dan Erti Ernawati/KRB)